Aturan Polda Metro Bertentangan dengan SK Kapolri, Untuk memperkaya jajaran kepolisian ????

Anda mungkin kaget, jika polisi kini tidak lagi bisa memberikan slip atau blanko biru jika menilang. Artinya, pembayaran denda langsung melalui bank tanpa lewat pengadilan tidak bisa lagi dilakukan.

Peraturan ini memang sudah diterapkan Polda Metro Jaya sejak 26 April 2008. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya hanya akan memberikan blanko warna merah dalam penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintasnya.

Aiptu Kasno, petugas TMC Polda Metro Jaya saat dihubungi detikcom, Rabu (14/5/2008) mengatakan, aturan ini sesuai dengan Surat Telegram (ST) Dirlantas Polda Metro Jaya ST/93/XI/2008.

Pemberlakukan ini dimaksudkan agar pelanggar menghadiri sidang pengadilan negeri yang sesuai dengan pelanggarannya. “Jadi pelanggar harus menerima blanko warna merah,” ujarnya.

Pelanggar tidak bisa lagi dapat blanko biru saat ditilang berdasarkan keputusan Dirlantas Polda Metro Jaya. Keputusan Dirlantas Polda Metro Jaya itu dinilai bertentangan dengan surat keputusan Kapolri yang membolehkan penggunaan blanko biru.

“Aturan ini sangat bertentangan. Mestinya tidak bisa diberlakukan,” kata pengamat kebijakan publik Andrinov Chaniago saat dihubungi detikcom, Kamis (15/5/2008).

Polda Metro Jaya sejak 26 April 2008 hanya akan memberikan blanko warna merah dalam penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintasnya. Aturan ini sesuai dengan Surat Telegram (ST) Dirlantas Polda Metro Jaya ST/93/XI/2008.

Pemberlakukan ini dimaksudkan agar pelanggar menghadiri sidang di pengadilan negeri yang sesuai dengan pelanggarannya dan langsung membayar denda.

Namun dalam Surat Keputusan Kepala Kapolri No Pol: SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998 penggunaan blanko biru bisa dilakukan. Jika pelanggar meminta blanko biru maka pelanggar tidak perlu lagi mengikuti sidang di pengadilan, namun hanya cukup membayar denda melalui bank.

Andrinov menyatakan, sebuah aturan akan gugur dan tidak berlaku jika ada aturan itu bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. “Keputusan Dirlantas Polda Metro Jaya tentunya dibawah keputusan Kapolri,” ujar Andrinov.

Seharusnya, kata dia, sebuah aturan atau keputusan harus mendukung aturan yang ada di atasnya. “Bagaimana jika aturan itu tidak menyatu malah bertentangan. Implikasinya akan banyak,” pungkas Andrinov.

Polisi kini tidak lagi bisa memberikan slip atau blanko biru jika menilang. Artinya, pembayaran denda langsung melalui bank tanpa lewat pengadilan tidak bisa lagi dilakukan. Kebijakan ini dinilai sebagai kemunduran.

Pengamat kebijakan publik Andrinov Chaniago saat dihubungi detikcom, Kamis (15/5/2008) menuturkan, seharusnya dalam urusan publik yang terkait pelanggaran harus dihindari pertemuan antara pelanggar dan birokrat. Pemberian blanko biru saat ditilang agar pelanggar berhubungan langsung dengan bank. “Ini kemunduran,” ujar Andrinov.

Andrinov menyarankan, seharusnya polisi dan birokrat yang terkait dengan pelanggaran lalu lintas bisa membuat lebih sederhana proses dendanya. Misalnya saja pembayaran lewat transfer bank yang ditampung dalam rekening khusus. “Ini lebih efisien dan tidak berbelit-belit,” tutur Andrinov.

Dia menilai kebijakan ini sangat tidak tepat dan tidak sesuai semangat perubahan untuk memotong rantai birokrasi. “Yang ada ini peluang terjadinya suap di pengadilan dan potensi suap baru bagi polisi yang sebenarnya sudah terbuka,” ungkapnya.

Sebab pelanggar dipaksa untuk menyelesaikan di pengadilan. Pelanggar itu biasanya malas ke pengadilan, makanya dia akan menyelesaikan langsung dengan polisi yang menilangnya.

Polda Metro Jaya sejak 26 April 2008 hanya akan memberikan blanko warna merah dalam penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintasnya. Aturan ini sesuai dengan Surat Telegram (ST) Dirlantas Polda Metro Jaya ST/93/XI/2008. Pemberlakukan ini dimaksudkan agar pelanggar menghadiri sidang pengadilan negeri yang sesuai dengan pelanggarannya dan langsung membayar denda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: